Kamis, 24 April 2014

Assalamualaikum Temen Temen Semua, Salam Luar Biasa. Wah Wah Wah Udah Lama Sekali Tidak Update Blog ini ya *hehehehehe. Mohon Maaf Sebelumnya Yah Karena Sedikit Kesibukan Pribadi jadi lupa ada catatan catatan kecil yang harus di buat dan dibagikan disini. Nah Karena Sekarang Punya kesempatan Ayo Kita Kutak Kutik Blog ini lagi. Masih Melanjutkan Materi Belajar Delphi 7 nich. Karena Program Sudah Terinstall Dengan Baik, Sudah Mengenal Juga Program Seperti Apa Borland Delphi 7. Ayo kita bahas materi dasar yang harus dikenal oleh seorang Program Delphi Atau biasa Kitas SebutDelphier *hehehehe aku juga baru tau istilah itu (^.^’) malu. Materi Kita Kali ini adalah MengenalObject Properties Component Delphi 7.
Properties Object Component Delphi Bisa Kita lihat Pada Objcet Inspector Delphi yang terletak di sebelah kiri bawah Program Delphi 7. Setiap Component pada delphi memiliki pengaturan tampilan dan penamaan Yang wajib kita ketahui loch. Nah kita bahas beberapa yang penting penting disini ya, dan beberapa lainnya mungkin kita coba review di setiap materi materi delphi selanjutnya :
>>  Properties Name
Properties ini merupakan pengaturan untuk penamaan suatu component. Dimana Kalau kita mau memberikan procedure untuk komponent tersebut maka nama dari componentnya akan kita tuliksan terlebih dahulu. Untuk Properties name tidak boleh menggukanan spasi untuk penamaannya jadi bisa digantti dengan garis bawah atau underscore contoh edit_nama. jadi sebelum membuat suatu list code program kita mesti memberikan nama dulu untuk setiap componentnya untuk memudahkan kita memanggil prosedur untuk component tersebut.
>> Properties Caption
Untuk properties Caption merupakan Properties tampilan nama dari component tersebut. berbeda dengan penamaan yang akan digunakan untuk pemanggilan dan penggunaan procedure untuk caption hanya perbengaruh untuk tampilannya saja jadi kalau ada component button bisa kita berikan caption untuk button tersebut sesuai dengan fungsinya. contoh button1 diberi nama button_keluar dan untuk captionnya Keluar.
>> Properties Text
Properties ini berpengaruh pada teks yang tampil dalam setiap component. misalnya ada component edit box yang pada saat tampil akan menampilkan teks edit1. maka kita bisa merubah tampilan teks tersebut pada kolom properties text sebagai tampilan awalnya mau tampil teks apa. kalau mau tanpa teks tinggal hapus tulisan pada kolom properties textnya.
>> Properties Font
Pada Properties ini kita dapat mengatur tampilan teks yang muncul pada tampilan designnya. seperti Menebalkan ( bold ), memiringkan ( italic ), memberi garis bawah ( underline ), membesarkan font ( size ) atau bahkan mengganti style font itu sendiri. agar tampilan jadi lebih menarik dan bagus.
untuk penggantian ini kita bisa langsung menggunakan radio box dari font tersebut atau satu persatu dari propertiesnya. untuk penggunaan font radio box kita bisa mengklik kotak kecil yang ada pada properties font. sehingga muncul tampilan berikut :
disana lengkap seperti Jenis Font, Stylenya, Sizenya, Bahkan Warnanya yang juga diberikan samplepreview dari tampilannya. b(^o^)d.
>> Properties Visible
Untuk Properties ini ialah properties untuk mengatur tampilan dari component apa itu ditampilkan atau tidak. component tersebut akan ditampilkan dalam form jika bernilah visible := true. kalau kita mau menyembunyikan komponent agar tidak terlihat pada saat penampilan bisa mengganti nilai properties ini menjadi visible := false.
Nah itu lah beberapa component properties dasar yang paling sering kita gunakan dalam design fotm. kita mesti memperhatikan hal hal tersebut untuk memudahkan kita dalam pembuatan program dan juga memper baiki tampilan visual dari form tersebut. untuk yang lain lainnya kita akan membahasnya di setiap materi kita selanjutnya. sambil praktek codingnya sekalian *hehehehehe.
Nah untuk saat ini itu dulu yang bisa saya share buat temen temen semua. mulai postingan besok kita sudah mulai memasuki code pembuatan programnya loch. dan nanti disetiap materi yang disampaikan akan di sertakan pdf latihan yang bisa temen temen download dan praktekkan sendiri lengkap dengan jawaban listingnya. See You Next Lesson, Salam Luar Biasa.
Eko Wardoyo
Posted by Ari Kurniawan On 10.31 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Masukkan komentar anda. Bookmark halaman kami jika anda ingin melihat posting selanjutnyan :)

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Arsip Blog

Translate This Page

    Follow Me

    Jumlah Pengunjung

    Negara Pengunjung

    Flag Counter