Jumat, 21 Februari 2014

Apa kegiatan sehari-hari yang paling banyak Anda lakukan dengan Excel ? Hampir pasti salah satunya adalah memilih cell ataupun range untuk diolah lebih lanjut (cell / range selection).

Tips berikut menunjukkan / mengulas / menyajikan 3 teknik pemilihan cell yang mungkin jarang Anda gunakan tapi akan mempengaruhi produktivitas Anda dengan cukup signifikan.

1. Seluruh Kolom / Baris

Pada rumus Excel, kita dapat memilih referensi terhadap seluruh baris atau kolom dengan gampang dan singkat, yaitu :
  • menggunakan referensi range titik dua ( : ).
  • menghilangkan bagian alamat kolom jika memilih seluruh baris, dan sebaliknya menghilangkan referensi baris untuk pemilihan seluruh kolom.
Sebagai contoh, untuk menjumlahkan nilai seluruh baris yang terdapat pada kolom C maka kita menuliskan rumusnya sebagai berikut :

=sum(C:C)

Menjumlahkan nilai seluruh baris pada kolom C

Dan untuk menjumlah nilai seluruh kolom pada baris ketiga (3) kita menggunakan rumus sebagai berikut :


=sum(3:3)

2. Go To Special

Go To Special adalah menu khusus pada Excel yang dapat digunakan untuk memilih cell berdasarkan tipe dan kriteria khusus. Misalkan kita ingin memilih cell yang hanya memiliki formula, nilai angka, conditional format, dan lain-lain.

Dialog Go To Special
Untuk memunculkan kotak dialog Go To Special ada dua cara pada Excel 2007, yaitu :
  • Pada Ribbon, klik menu Home | Find & Select | Go To Special.
  • Dengan memunculkan dialog Go To (CTRL + G) dan menekan tombol Special.

Sebagai contoh, untuk memilih nilai angka pada worksheet kita maka lakukan langkah-langkah berikut :
  • Munculkan dialog Go To Special sesuai petunjuk sebelumnya.
  • Pilih Constants | Numbers, dan klik OK.
Pemilihan Constants | Numbers pada kotak dialog Go To Special
Selain itu, pada daftar menu Find & Select juga terdapat pilihan shortcut dari beberapa tipe selection yang bisa langsung digunakan tanpa masuk ke kotak dialog Go To Special , yaitu Formulas, Comments, Conditional Formatting, Constants dan Data Validation.

Shortcut Go To Special

3. Multi-Sheet Group Selection

Pada Excel, Anda dapat memilih area yang sama pada lebih dari 1 sheet yang diinginkan- misalkan untuk mengganti warna header - dengan mudah tanpa harus berpindah ke tiap sheet tersebut.

Ini dinamakan Group selection yang terdiri dari beberapa sheet (multi sheet).

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut :
  • Pilh cell-cell yang Anda inginkan.
  • Tekan tombol CTRL atau SHIFT, dan klik sheet-sheet yang Anda inginkan.



    Perhatikan pada title bar akan muncul teks [Group] yang menandakan bahwa area cell yang sama beberapa sheet telah dipilih.

  • Lakukan bulk editing seperti copy-paste atau mengganti format pada area cell salah satu sheet pada group. Ini akan berpengaruh ke seluruh sheet yang terdapat pada group tersebut.
~~ Selesai ~~
 
Sumber : Belajar Excel
Posted by Ari Kurniawan On 10.22 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Masukkan komentar anda. Bookmark halaman kami jika anda ingin melihat posting selanjutnyan :)

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Arsip Blog

Translate This Page

    Follow Me

    Jumlah Pengunjung

    Negara Pengunjung

    Flag Counter